Skip to content →

#7 Wanita Indonesia yang Mendunia Era Milenial

Last updated on Februari 20, 2019

Ada tujuh wanita Indonesia yang mendunia karena karya serta sepak terjangnya di dunia internasional. Bukan Cuma jago kandang, tapi mereka juga memperkenalkan Indonesia kepada dunia, khususnya kaum milenial.

Indonesia punya banyak potensi Sumber Daya Manusia (SDM). Baik pria maupun wanita, semua warga negara Indonesia berperan dalam perannya masing-masing, bahkan sampai dikenal dunia.
Siapa sajakah mereka? Berikut ulasan selengkapnya.

Mengenal Sosok Wanita Indonesia yang Mendunia

Sri Mulyani dengan posisi prestisius

Mengenal Sosok Wanita Indonesia yang Mendunia

Siapa yang tak mengenal wanita yang satu ini. Sri Mulyani adalah wanita asal Lampung yang sangat berjasa bagi kemajuan stabilitas keuangan Indonesia. Ia adalah wanita pertama sekaligus orang Asia pertama yang bisa menduduki posisi prestisius sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Di negaranya sendiri, Indonesia, Sri juga berhasil membuktikan diri sebagai Menteri Keuangan wanita pertama.

Wanita kelahiran Agustus 1962 ini sangat dikagumi oleh dunia, khususnya di bidang perekonomian. Yang menarik, bahkan kaum milenial pun mengenal sosoknya yang tegas sekaligus keibuan. Dalam berbagai kesempatan, Sri Mulyani selalu membagikan wejangan-wejangan penting kepada kaum muda. Ia juga selalu membagikan kata-kata atau quote yang sangat berani untuk melindungi stabilitas ekonomi bangsa.

Tak heran, lulusan S2 dan S3 di Amerika Serikat ini begitu dikagumi. Di negeri Paman Sam itu, dirinya bahkan pernah dipercaya menjadi asisten profesor di sebuah universitas. Kecintaannya pada tanah air membuatnya kembali dan mengabdi hingga kini di tingkat pemerintahan.

Agnes Mo memiliki penggemar paling kompak & fanatik

Agnes Mo memiliki penggemar paling kompak & fanatik

Wanita Indonesia yang mendunia ini sudah membuktikan bahwa mimpi setinggi apapun bisa terwujud bila diupayakan dengan kerja keras. Penyanyi dunia ini memiliki nama asli Agnes Monica. Ia memulai debut kariernya di Indonesia sejak usia dini. Ia menjadi pembawa acara anak-anak di salah satu stasiun televisi swasta, menjadi bintang sinetron sekaligus penyanyi dengan banyak sekali penghargaan di Indonesia. Penggemarnya pun dikenal sebagai yang paling kompak dan fanatik di Indonesia.

Sejak sekitar tahun 2010, ia sudah go internasinal. Salah satu tandanya dengan menjadi pembawa acara di red carpet pada ajang American Music Awards di LA. Sebelumnya pada tahun 2008 dan 2009 ia meraih penghargaan pada Asia Song Festival di Korea Selatan.

Agnes menjadi contoh sekaligus panutan kaum milenial Indonesia zaman sekarang dalam memperjuangkan sebuah mimpi yang pada awalnya mungkin terlihat mustahil.

Baca tentang Agnes Mo selengkapnya; Berani bermimpi

Anggun C Sasmi World’s Best Selling Indonesian Artis

Anggun C Sasmi World’s Best Selling Indonesian Artis

Sebagai penyanyi, nama Anggun sudah lebih dahulu melanglang buana di kancah dunia internasional. Sebagai penyanyi Indonesia yang menikah dan berdomisili di luar negeri, Anggun sangat mempergunakan semua kesempatan sebaik mungkin.

Ia stay di Prancis dan memulai debut internasionalnya dengan sangat gemilang. Ciri khas suaranya yang melengking namun agak berat, membuatnya mudah diingat dan mencuri perhatian musisi internasional. Bahkan beberapa tahun terakhir, ia menjadi salah satu juri dalam ajang Asia’s Got Talent.

Prestasi atas karyanya sudah sangat mendunia, salah satunya adalah meraih World’s Best Selling Indonesian Artist dari World Music Awards. Ini sebagai ganjaran albumnya sebagai orang Indonesia yang paling laku di seluruh dunia.

Bahkan yang paling membanggakan adalah sosok Anggun C. Sasmi diabadikan di Museum Madame Tussauds Thailand. Dia adalah wanita Indonesia pertama yang diabadikan di museum terkenal itu.

Dinar Candy DJ terseksi versi EDMDroid

Dinar Candy DJ terseksi versi EDMDroid

Profesi Disk Jockey (DJ) sudah menjadi pekerjaan idola di kalangan anak muda Indonesia sejak dulu, khususnya kaum milenial di perkotaan besar.

Salah seorang wanita Indonesia yang mendunia di dunia ini adalah Dinar Candy. Baru-baru ini, Dinar Candy terpilih untuk menyandang status DJ terseksi di dunia versi EDMDroid. Situs ini memilih Dinar Candy karena melihat penilaian dari beberapa situs dan media ternama lainnya, seperti Top DJ-anes dan lain-lain.

Situs tersebut menampilkan beberapa DJ lain dari beberapa negara yang dianggap seksi. Dinar Candy sendiri menilai hal tersebut sebagai hal yang wajar, karena memang dirinya bekerja keras sebagai DJ.

Seni musik dan DJ pun semakin diminati kaum muda di era milenial sekarang. Dengan begitu, musik Indonesia pun semakin mendunia.

Lilyana Natsir penyumbang medali emas pada Olimpiade 2016

Sejak awal era bulutangkis modern, Indonesia sudah menjadi salah satu negara yang paling sering mengukir prestasi. Wanita Indonesia yang mendunia di dunia bulutangkis salah satunya adalah Lilyana Natsir. Pemain spesialis ganda putri dan ganda campuran ini berhasil menyumbangkan medali emas pada Olimpiade 2016 yang lalu.

Hampir semua medali pada ajang pertandingan bergengsi sudah pernah diraihnya. Sebut saja juara All England tiga kali berturut-turut, juara Olimpiade 2016, juara dunia, juara Indonesian Open, dan lain-lain.

Pebulutangkis wanita ini memutuskan pensiun di awal Februari 2019 dengan alasan umur dan regenerasi pebulutangkis Indonesia. Perjuangannya membela Indonesia di ajang internasional sudah berlangsung selama lebih dari 17 tahun. Kaum milenial hingga orang tua pasti mengenal sosok ini.

Bahkan lawan-lawannya di dalam lapangan pun sangat mengagumi sosok ini. Oleh pasangan mainnya di lapangan, sosoknya memang dikenal sebagai orang yang disiplin.

Marsha Chikita salah satu animator Upin & Ipin

Marsha Chikita salah satu animator Upin & Ipin

Lahir dari pasangan selebritis Indonesia, Marissa Haque dan Ikang Fawzi, Marsha Chikita berhasil menambah daftar nama wanita Indonesia yang mendunia. Bakatnya di bidang animasi membuatnya berhasil menjadi animator handal.

Karyanya yang menjadi pembicaraan dunia salah satunya adalah kartun Upin & Ipin. Memang kartun tersebut produksi negara tetangga, tapi Marsha lah yang menjadi salah satu animator dalam produksi kartun tersebut.

Marsha memang berkuliah di Multimedia University Malaysia. Sejak itu ia mulai mengembangkan sayap di dunia animasi. Ia pernah bekerja secara freelance di Les Copaque yang akhirnya membawanya terlibat dalam proses pembuatan dan pengembangan kartun Upin & Ipin.

Hingga kini pun ia terus berkarya di dunia animasi dan terus mengembangkan dunia tersebut.

Rini Sugianto sang animator The Avengers

Satu lagi animator muda dan mendunia asal Indonesia. Rini Sugianto dikenal sebagai animator pembuat tokoh animasi The Adventure of Tintin dan The Avengers. Berkarya di Hollywood menjadikannya sosok yang tegar dan pekerja keras.

Meski Indonesia belum terlalu maju dalam menciptakan karya-karya film animasi tingkat tinggi, namun Rini percaya bahwa hal tersebut bisa dicapai suatu saat nanti.

Kelahiran tahun 1980 ini sejak kecil tumbuh di tengah keluarga yang berkecimpung di dunia bisnis. Namun karena kegigihannya, ia pun berani melangkah keluar untuk menggapai cita-citanya sebagai animator.

Kemampuan menggambarnya memang sudah di atas rata-rata sejak duduk di bangku sekolah.

Ia mengungkapkan kunci keberhasilannya adalah mau kerja keras dan selalu sabar menghadapi setiap prosesnya. Persaingan yang keras dan skill yang handal memang wajib diasah untuk sukses di dunia animasi ini.

Semua wanita Indonesia yang mendunia di atas tidak ala kadarnya saja dalam menggeluti pekerjaan di bidangnya. Mereka semua mau bekerja keras dan terus mengasah diri lebih baik lagi.

Untuk kaum milenial sekarang, ketujuh nama wanita tersebut haruslah diingat dan dicontoh. Karena sampai saat ini pun mereka masih berkarya dan mengharumkan nama Indonesia. Masa kaum muda Indonesia kalah dengan mereka? Semangat demi masa depan lebih baik!

Baca juga tentang tokoh-tokoh wanita Indonesia lainnya

Related Posts

Published in Tokoh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *