Wisata Lawang Sewu di Semarang, 100 ruangan dan 928 pintu

Wisata Lawang Sewu di Semarang yang Historis

Lawang Sewu adalah, salah satu obyek wisata yang ada di Semarang. Jika Anda ke Semarang, jangan lupa untuk singgah ke tempat ini. Lawang Sewu di Semarang, terletak di Tugu Muda. Bangunan bersejarah ini, memiliki desain arsitektur khas Eropa.

Di Lawang Sewu terdapat 5 bangunan, dengan sudut yang menarik. Konsepnya benar-benar kental, khas bangunan tua di Eropa.

Terdapat 100 ruangan, dengan 928 pintu.

Lawang artinya, ‘pintu’, dan Sewu artinya, ‘seribu’, namanya sesuai dengan banyaknya pintu. Bangunan ini dibangun pada tanggal, 27 Februari 1904, dan diselesaikan tahun 1907. Bangunan ini, tidak lepas dengan perkeretaapian di Tanah Air.

Semua jendela pada bangunan ini, didesain tinggi dan besar. Desainnya sangat kental, dengan ciri khas Belanda. Pengunjung yang datang, akan merasakan pengalaman seru. Setiap jengkal Lawang Sewu, akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Bangunan ini, diapit oleh 2 buah kubah. Kedua menara menjulang tinggi, bernuansa khas Belanda. Lawang Sewu, bahkan memiliki ruang bawah tanah. Ruangan tersebut, menjadi saksi kekejaman Belanda terhadap warga pribumi.

Berbagai Kegiatan Wisata Lawang Sewu di Semarang

Wisata Lawang Sewu di Semarang yang Historis 2

Tempat ini, konon kental dengan nuansa mistis. Meski demikian, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Aroma mistis pada bangunan ini, bahkan menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang datang.

Lawang Sewu, dibuka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 21.00. Tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp.5.000 untuk pelajar dan anak-anak. Harga tiket untuk orang dewasa, sebesar Rp10.000.

Bagi wisatawan yang ingin masuk ruangan bawah tanah, harganya Rp30.000. Untuk yang takut tersesat, Anda bisa menyewa guide dengan harga Rp30.000.

Fasilitas Wisata di Lawang Sewu

Selain mengelilingi bangunan, wisatawan bisa menambah pengetahuan terkait sejarah. Di tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan video sejarah. Video tersebut, memutar sejarah pembuatan kereta api. Beragam jenis gerbong dan lokomotif, dapat kita lihat di sini.

Selain itu, arsitektur bangunan tua sangat cocok, untuk latar pecinta fotografi. Bahkan, sering juga orang menggunakannya sebagai spot sesi pre wedding.

Di Lawang Sewu, terdapat sudut bangunan yang indah. Spot tersebut, cocok untuk pencinta fotografi. Salah satunya, kaca mozaik pada menara Lawang Sewu.

Lawang Sewu pun memiliki berbagai fasilitas penunjang. Diantaranya, seperti toilet, area parkir luas, penginapan, dan tempat beribadah. Untuk tempat menginap, ada berbagai hotel yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Wisatawan bahkan akan dimanjakan dengan kuliner khas, yang ada di sekitaran Lawang Sewu.

Obyek Wisata Lain di Sekitar Lawang Sewu

Setelah mengelilingi Lawang Sewu, selanjutnya Anda bisa mampir ke klenteng Sam Poo Kong. Tempatnya tidak jauh, dari sekitar Lawang Sewu. Klenteng ini cukup populer, di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Obyek wisata ini, tidak kalah uniknya dengan Lawang Sewu. Di tempat wisata ini, terdapat patung Laksamana Ceng Ho. Patung tersebut, memiliki tinggi 10 meter. Patung ini, diklaim sebagai patung tertinggi se-Asia tenggara.

Maka, sangat disayangkan jika datang ke Lawang Sewu, tapi tidak mampir ke tempat ini.

Harga tiket masuk ke wisata klenteng Sam Poo Kong, sangat murah. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya, Rp.5000. Untuk pelajar, harganya jauh lebih murah yaitu, Rp.3000.

Lawang Sewu juga berdekatan, dengan tempat wisata lain. Seperti Pantai Marina Kulon. Pantai tersebut, cocok untuk Anda yang ingin bersantai.

Demikian, penjelasan tentang tempat wisata Lawang Sewu di Semarang. Tempat ini, seru juga dikunjungi bersama keluarga. Lawang Sewu adalah, wisata edukasi sejarah yang mengasyikkan.

Baca juga; Rekomendasi wisata lainnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top